You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mekarsari
Desa Mekarsari

Kec. Pacet, Kab. Bandung , Provinsi Jawa Barat

Pemerintah Desa Mekarsari terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan 5M, Menggunakan Masker, Mencuci Tangan pakai sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan serta Mengurangi Mobilisasi serta segera melaksanakan vaksinasi bagi seluruh warga masyarakat mulai usia 12 Tahun keatas, agar segera terbentuk kekebalan bersama.

Tanya Jawab terkait Bansos PKH, BPNT dan BST yang tertunda salurnya.

Ujang Fuad Hasbi 31 Maret 2021 Dibaca 223.824 Kali
Tanya Jawab terkait Bansos PKH, BPNT dan BST yang tertunda salurnya.

SALDO BANTUAN SOSIAL ANDA MASIH NOL? 

Saat ini beberapa KPM yang uang bantuan tunai PKH nya belum masuk ke rekening sedang galau dan gundah gulana. Hal ini terjadi juga sebagian KPM yang saldo BSP Sembako masih Nol alias zonk. Begitu juga KPM yang sebelumnya mendapatkan BST, juga belum cair juga. Lalu apa yang terjadi sebenarnya? 

Di sini saya akan coba berikan penjelasan sederhananya. Silahkan disimak penyebab Saldo Nol pada bantuan sosial PKH, BSP maupun BST berikut solusinya di bawah ini :

1. Status Kepesertaannya KPM di program bantuan sosial sudah dihapus oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia karena dinilai sudah tidak layak menerima bantuan sosial karena naik Desil-nya. 

Solusinya : Tidak ada. Saat ini memang sedang ada perbaikan data di DTKS sehingga memungkinkan beberapa KPM naik Desil-nya yang mengakibatkan dihapuskannya KPM tersebut dari daftar peserta program bantuan sosial. 

2. Status Kepesertaannya di program bantuan sosial masih aktif tapi ada kendala pada data KPM yang belum padan dengan DTKS meskipun datanya sudah padan dengan data di Disdukcapil. 

Solusi : Cek ke Operator SIKS NG di desa / kelurahan untuk mencocokan data antara di KK dan KTP dengan DTKS.

3. Status Kepesertaannya di program bantuan sosial masih aktif, data KPM sudah padan dengan DTKS tapi belum padan dengan data di Disdukcapil.

Solusi : Datang ke Disdukcapil untuk mengaktifkan nomor KK dan NIK yang saat ini dimiliki. Bisa jadi meski sudah memperbaharui data di KK dan KTP tapi Nomornya belum diaktifkan. Jika ini yang terjadi maka nomor KK dan NIK akan tercatat INVALID. 

4. Status Kepesertaannya di program bantuan sosial masih aktif, data KPM sudah padan dengan DTKS dan Disdukcapil tapi data di bank belum padan. 

Solusi : Bawa KK, KTP, Buku Tabungan, KKS dan Surat Pengantar dari Dinas Sosial yang menyatakan bahwa anda benar - benar KPM dari sebuah program bantuan sosial. Lakukan pengecekan data dari dokumen di atas dengan data di bank. 

Khusus pemilik rekening yang sebenarnya adalah pengurus pengganti dari KPM yang meninggal atau berhalangan tetap sebaiknya minta didampingi oleh Pendamping Sosial yang bertugas di wilayah tersebut karena Pengurus Pengganti yang saat ini diakui adalah mereka yang merupakan keluarga inti dari KPM seperti Ayah, Ibu dan Anak yang sudah cakap hukum. 

5. Status Kepesertaannya di program bantuan sosial masih aktif, data KPM sudah padan dengan DTKS dan Disdukcapil dan data di bank juga sudah padan. 

Solusi : Tunggu sekitar 1 - 2 minggu karena proses penyaluran bantuan sosial dilakukan secara bertahap dan melalui beberapa termin. Jika ternyata masih kosong, segera lakukan cetak rekening koran di bank penyalur. 

Proses cetak rekening koran tidak bisa diwakilkan, harus oleh pemilik rekening itu sendiri dengan membawa KTP, Buku Tabungan dan KKS. Setelah melakukan cetak rekening koran, segera melapor ke Pendamping Sosial yang bertugas di wilayah tersebut untuk kemudian dilakukan Rekonsiloasi Dana Bantuan Sosial oleh pihak Kementerian Sosial Republik Indonesia dengan pihak HIMBARA (Himpunan Bank - Bank Milik Negara) 

Khusus bantuan BSP Sembako tidak bisa dilakukan cetak rekening koran tapi bisa dilakukan pengecekan saldo melalui Agen BSP Sembako dengan cetak struk cek saldo. Bawa struk cek saldo ke Pendamping Sosial yang bertugas di wilayah tersebut. 

Catatan :

1) Jika KPM PKH yang mengalami kendala pada BSP Sembako, temui Pendamping Sosial PKH 

2) Jika KPM Tidak Menerima PKH yang mengalami kendala pada BSP Sembako, temui Pendamping BSP Sembako. Petugas ini bisa TKSK atau pihak lain seperti Karang Taruna, dll.

3) Jika KPM masih bingung apa masalahnya silahkan langsung menanyakan kepada Pendamping Sosial PKH, TKSK atau Operator SIKS - NG di desa / kelurahan.

4) Menanyakan permasalahan bantuan sosial di sosial media hanya akan membuat anda makin bingung karena media sosial tidak membantu menyelesaikan permasalahan yang anda hadapi. 

Mari kita berjuang bersama mengawal program bantuan sosial PKH, BSP dan BST. 

Rangkasbitung, 30.03.2021

"S,moga normal lagi seperti dulu kasian yg gk dpet ....
Nurhayati 01 April 2021
"harus nunggu sampai kapan pkh bisa cair kalo kita bingung ngurusnya??
riyadi 03 April 2021
"Saya bingung knp bulan ini saya tidak dapat bantuan pkh,pdahal 3bulan yg lalu saya msih dapat.
PARIKAH 08 April 2021
"Ibu saya saldo sering kosong. Apakah nantinya akan dihapus untuk tidak menerima bantuan BPNT seterusnya. Padahal keadaanya tidak mampu. Tidak punya sawah ataupun kendaraan bermotor. Tetapi banyak yang masih muda punya sawah motor 2 dapat. Ada jg yang janda hidup sendiri tidak dapat.
Ani 08 April 2021
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image