You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mekarsari
Desa Mekarsari

Kec. Pacet, Kab. Bandung , Provinsi Jawa Barat

Pemerintah Desa Mekarsari terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan 5M, Menggunakan Masker, Mencuci Tangan pakai sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan serta Mengurangi Mobilisasi serta segera melaksanakan vaksinasi bagi seluruh warga masyarakat mulai usia 12 Tahun keatas, agar segera terbentuk kekebalan bersama.

Belajar Asyik Bahasa Isyarat Program Kerja Pendukung Mahasiswa KKN-T Kelompok 14 Mekarsari

Administrator 29 Agustus 2024 Dibaca 53 Kali
Belajar Asyik Bahasa Isyarat Program Kerja Pendukung Mahasiswa KKN-T Kelompok 14 Mekarsari

Mekarsari, 28 Agustus 2024 – Kelompok 14 KKN-T UNINUS 2024 mengadakan kegiatan sosialisasi kepada siswa kelas 3 SMP PSM Pacet dengan tema “Belajar Asyik Bahasa Isyarat”. Kegiatan ini merupakan program kerja pendukung mahasiswa KKN-T sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap anak berkebutuhan khusus. Dalam kegiatan ini, mahasiswa melakukan sharing seputar anak berkebutuhan khusus, cara berkomunikasi, jenis-jenis anak berkebutuhan khusus dan penyebab kelahiran anak berkebutuhan khusus.

Kegiatan dimulai dengan pengenalan huruf-huruf dalam bahasa isyarat, diikuti dengan pembelajaran kata-kata sederhana yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Para siswa terlihat sangat antusias mengikuti setiap sesi, terlebih saat mereka diajak tanya jawab menggunakan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). Metode belajar yang interaktif dan menyenangkan ini membuat suasana kelas menjadi hidup dan penuh keceriaan.

Vera Sindi Agustin, mahasiswi Prodi Pendidikan Luar Biasa menyatakan “anak berkebutuhan khusus juga memiliki hak hidup yang sama di lingkungan masyarakat tanpa adanya diskriminasi, yang membedakan adalah cara mereka bersosialisasi dan berkomunikasi”. Selain itu, mahasiswa KKN-T juga menekankan pentingnya bahasa isyarat sebagai alat komunikasi yang dapat menghubungkan semua kalangan, tanpa terkecuali. Mahasiswa berharap melalui kegiatan ini, para siswa dapat lebih menghargai keberagaman, belajar untuk berempati terhadap sesama dan memahami pentingnya inklusifitas dalam kehidupan bermasyarakat.

Diakhir kegiatan, para siswa diajak untuk mempraktikan bahasa isyarat dalam pertunjukan kecil, dimana mereka memperagakan lagu “Bulan Bawa Bintang Menari (Memandangmu)” dengan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). Pertunjukan ini disambut dengan tepuk tangan meriah dan senyuman bangga dari para mahasiswa serta semua peserta yang ikut hadir dikegiatan ini.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image