You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mekarsari
Desa Mekarsari

Kec. Pacet, Kab. Bandung , Provinsi Jawa Barat

Pemerintah Desa Mekarsari terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan 5M, Menggunakan Masker, Mencuci Tangan pakai sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan serta Mengurangi Mobilisasi serta segera melaksanakan vaksinasi bagi seluruh warga masyarakat mulai usia 12 Tahun keatas, agar segera terbentuk kekebalan bersama.

WORKSHOP PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA CANVA oleh KKN-T Uninus 2024

Administrator 26 Agustus 2024 Dibaca 63 Kali
WORKSHOP PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MEDIA CANVA oleh KKN-T Uninus 2024

Mekarsari, 26 Agustus 2024 - Di era digital saat ini, metode pembelajaran tradisional sering kali menghadapi keterbatasan dalam  keterlibatan dan interaksi siswa. Menghadapi tantangan tersebut, berbagai pendekatan inovatif telah dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi proses pembelajaran. Salah satu solusi yang semakin populer adalah penggunaan teknologi untuk menyediakan materi pembelajaran. Canva merupakan platform yang menawarkan berbagai alat untuk membuat materi pembelajaran yang menarik dan interaktif serta sebagai media pembelajaran yang interaktif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. 

Canva merupakan alat desain yang memungkinkan pengguna dengan mudah membuat berbagai jenis konten visual, seperti poster, infografis, presentasi, dan materi pembelajaran lainnya. Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan beragam templat yang dapat disesuaikan, Canva memungkinkan pendidik membuat materi yang tidak hanya informatif tetapi juga menarik secara visual. Namun, meskipun Canva mempunyai banyak fitur berguna, banyak pendidik  masih merasa kesulitan untuk memanfaatkan Canva secara maksimal dalam lingkungan pendidikan mereka. Salah satu catatan yang harus diperhatikan dalam pengaplikasian canva sebagai media pembelajaran yakni sarana dan prasana disekolah harus menunjang canva sebagai media pembelajaran di sekolah.

Tim KKN-T UNINUS kelompok 19 membuat program berupa “Workshop Pembelajaran Interaktif Media Canva” yang bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih pendidik dalam penggunaan Canva sebagai alat pembelajaran interaktif. Ketua Pelaksana program kerja yaitu Muhamad Rizki dalam sambutannya menyampaikan bahwa “dengan diadakannya workshop pembelajaran interaktif media canva ini mudah-mudahan, khususnya para calon guru yang akan mengabdikan dirinya di dunia pendidikan, bisa meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah” ujarnya.

Program workshop ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Agustus 2024 di aula kantor Desa Mekarsari dengan melibatkan tenaga pendidik dari beberapa sekolah serta mahasiswa dan murid-murid yang di isi oleh narasumber yang berpengalaman yaitu Fadli Anwar Firmansyah, S.Pd. dan di moderatori oleh Siti Fajriah Nurrohmah. Kegiatan ini dilakukam dengan mengenalkan fitur-fitur dasar canva terlebih dahulu dan cara menggunakannya, dan peserta di ajarkan membuat berbagai jenis desain untuk keperluan pembelajaran serta sosialisasicanva pro secara gratis untuk tenaga pengajar dan siswa secara gratis dengan menggunakan akun id belajar. Setelah itu peserta di ajak untuk diskusi dengan melakukan tanya-jawab antar peserta dan pemateri memgenai pembelajaran interaktif media canva.

Dengan dilaksanakannya program Workshop pembelajaran interaktif media canva ini diharapkan bisa memberikan manfaat besar bagii guru untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam membuat media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif dan juga siswa disekolah termotivasi untuk belajar karena meteri yang disajikan lebih menarik dan interaktif.

Diharapkan Workshop ini dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Mekarsari melalui pemanfaatan teknologi yang tepat. Ke depan, diharapkan akan lebih banyak lagi kegiatan serupa yang dapat dilaksanakan untuk mengembangkan potensi masyarakat terkhusus pada dunia pendidikan serta harapan terbesar kami yakni dengan diadakan nya Workshop ini membuat sekolah dan pemerintahan melek akan dunia pendidikan terkhusus pada sarana dan prasana untuk menunjang canva ini sebagai media pembelajaran interaktif di kelas. Dan kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya program ini.

 

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image