You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mekarsari
Desa Mekarsari

Kec. Pacet, Kab. Bandung , Provinsi Jawa Barat

Pemerintah Desa Mekarsari terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan 5M, Menggunakan Masker, Mencuci Tangan pakai sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan serta Mengurangi Mobilisasi serta segera melaksanakan vaksinasi bagi seluruh warga masyarakat mulai usia 12 Tahun keatas, agar segera terbentuk kekebalan bersama.

Himbauan Pentingnya Pelaksanaan Ronda Malam

Ujang Fuad Hasbi 10 Maret 2021 Dibaca 29.526 Kali
Himbauan Pentingnya Pelaksanaan Ronda Malam

Lingkungan masyarakat kecil di tingkat desa seperti Dusun, RW dan RT memerlukan  sistem keamanan lingkungan yang di singkat Siskamling sebagai salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat di Desa.

Dalam rangka mengamankan lingkungan masyarakat dari gangguan kamtibmas seperti, Pencurian,  Curanmor dan gangguan kamtibmas lainnya, maka Pemerintah Desa Mekarsari menghimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan kegiatan Siskamling dengan melaksanakan ronda.

Di kesempatan lain, Bhabinkamtibmas beserta Babinsa mengajak kepada warga masyarakat untuk bekerjasama bahu membahu menjaga keamanan dan ketertiban untuk kenyamanan dan keamanan kehidupan bermasyarakat. “Jangan kita takut untuk menjaga desa kita ini dari mereka yang dengan sengaja ingin mengganggu ketentraman dan kenyamanan kita, Seperti pencurian yang sering terjadi akhir-akhir ini, Inti dari semua itu adalah kebersamaan, “.

Ronda adalah berjalan keliling atau patroli untuk menjaga keamanan di desa baik dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor. Dalam ronda biasanya terbagi dalam beberapa kelompok untuk berpatroli menyebar di setiap jalan dan gang perumahan warga yang termasuk dalam satu desa atau dusun yang bersangkutan.

Manfaat dari pelaksanaan ronda itu sendiri sangatlah banyak yang diantara pokok intinya adalah, Menjaga keamanan dari segala macam tindak kriminal, Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya gangguan keamanan masyarakat dan musibah atauapun bencana alam, Sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat dan Meningkatkan rasa kebersamaan antar penduduk dalam suatu Dusun atau RT.

Pelaksanaan Siskamling di Desa Mekarsari ini merupakan ide gagasan masyarakat desa Mekarsari bersama pemerintah Desa Mekarsari dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang tentunya hal ini dapat memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas.

Kesadaran semua elemen masyarakat Desa Mekarsari sangat di butuhkan dalam berpartisipasi di bidang keamanan dan ketertiban sehingga bisa terlaksananya kegiatan ronda ini dengan efektif, karena ini merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna untuk menumbuhkembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap warga masyarakat dalam mewujudkan kemanan dan ketertiban di setiap lingkungan masing-masing.

Siskamling juga merupakan salah satu model polisi masyarakat dalam memberikan retribusi komunikasi serta informasi secara external dari dan untuk masyarakat merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Siskamling juga merupakan bentuk-bentuk pam swakarsa yang merupakan suatu komponen yang saling bergantung dan berhubungan, saling mempengaruhi untuk mendapatkan hasil adanya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan rasa aman dan ketertiban masyarakat dalam upaya mendukung terwujudnya masyarakat madani yang adil, makmur dan beradab berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Menumbuhkembangkan sikap mental serta meningkatkan kepekaan masyarakat dan daya tanggap setiap warga masyarakat di desa Mekarsari dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungannya masing-masing dan terwujudnya kesadaran warga masyarakat di lingkungan Desa Mekarsari adalah merupakan tujuan utama yang ingin dicapai oleh pemerintah Desa Mekarsari.

Semoga dengan adanya kegiatan ronda ini nanti bisa mencegah terjadinya gangguan keamanan yang terjadi di wilayah desa Mekarsari yang merupakan wilayah perbatasan Kecamatan Pacet dan Kecamatan Ciparay yang sangat rentan terjadinya gangguan Kamtibmas.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image