You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mekarsari
Desa Mekarsari

Kec. Pacet, Kab. Bandung , Provinsi Jawa Barat

Pemerintah Desa Mekarsari terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan 5M, Menggunakan Masker, Mencuci Tangan pakai sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan serta Mengurangi Mobilisasi serta segera melaksanakan vaksinasi bagi seluruh warga masyarakat mulai usia 12 Tahun keatas, agar segera terbentuk kekebalan bersama.

PENYULUHAN STOP BULLYING UNTUK ANAK SD: MEMBANGUN GENERASI YANG LEBIH BAIK DI DESA MEKARSARI

Administrator 24 Agustus 2024 Dibaca 117 Kali
PENYULUHAN STOP BULLYING UNTUK ANAK SD: MEMBANGUN GENERASI YANG LEBIH BAIK DI DESA MEKARSARI

Mekarsari, 24 Agustus 2024 – Bullying adalah masalah serius yang kerap terjadi di lingkungan sekolah dasar (SD), yang dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap perkembangan psikologis dan sosial anak-anak.  Fenomena ini tidak hanya merugikan korban secara fisik dan emosional, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang tidak kondusif. Bullying pada anak SD seringkali terjadi dalam bentuk fisik, verbal, dan sosial, termasuk pemukulan, ejekan, pengucilan, dan ancaman.

Dalam rangkaian Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) pada tahun ini, kelompok 19 KKN-T   UNINUS Kelompok 19 Desa Mekarsari mengadakan penyuluhan bertajuk “Stop Bullying” yang ditujukan untuk siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Neglasari di Desa Mekarsari. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kepedulian kami terhadap maraknya kasus bullying yang terjadi dilingkungan sekolah, khususnya ditingkat pendidikan dasar.

Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak mengenai apa itu bullying, bentuk-bentuknya, dan dampak negatif yang dapat ditimbulkan, baik bagi korban maupun pelaku dan mengajarkan kepada siswa-siswi pentingnya saling menghargai dan bagaimana bersikap  terhadap teman-teman mereka, sehingga dapat mencegah terjadinya bullying.

Penyuluhan ini dilaksanakan di SD Negeri Neglasari, dengan melibatkan siswa-siswi kelas atas dari kelas 4 hingga 6. Kegiatan dilaksanakan dengan metode Learning by Games yaitu suatu aktivitas dimana peserta didik berinteraksi dengan berbagai benda yang  di sediakan, dilakukan dengan senang hati (gembira) tanpa adanya unsur paksaan yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai positif dalam pergaulan sehari-hari.

Dengan diadakannya penyuluhan ini, kami berharap dapat menumbuhkan kesadaran di kalangan anak-anak SD di Desa Mekarsari mengenal pentingnya bersikap baik dan menghargai sesama. Kami juga berharap anak-anak lebih percaya diri untuk berbicara jika mereka mengalami atau menyaksikan bullying, serta memahami bahwa tindakan tersebut tidak boleh dibiarkan terjadi.

Program penyuluhan “Stop Bullying” ini merupakan salah satu bentuk kontribusi kami dalam menciptakan generasi muda yang lebih peduli dan bertanggung jawab. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, khususnya kepada pihak sekolah, para guru, serta orang tua siswa. Supaya upaya kecil ini dapat memberikan dampak besar bagi masa depan anak-anak di Desa Mekarsari.  

 

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image