You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Mekarsari
Desa Mekarsari

Kec. Pacet, Kab. Bandung , Provinsi Jawa Barat

Pemerintah Desa Mekarsari terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan 5M, Menggunakan Masker, Mencuci Tangan pakai sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan serta Mengurangi Mobilisasi serta segera melaksanakan vaksinasi bagi seluruh warga masyarakat mulai usia 12 Tahun keatas, agar segera terbentuk kekebalan bersama.

Ancaman Regenerasi Petani, Mahasiswa KKNT IPB Ajak Warga Desa Mekarsari Melek Digitalisasi Pertanian

Administrator 30 Juli 2024 Dibaca 631 Kali
Ancaman Regenerasi Petani, Mahasiswa KKNT IPB Ajak Warga Desa Mekarsari Melek Digitalisasi Pertanian

Desa Mekarsari memiliki hamparan lahan pertanian yang sangat luas dan mempunyai berbagai potensi dalam bidang pertanian. Komoditas utama di Desa Mekarsari adalah tanaman padi. Terdapat juga beberapa komoditas sayur berupa tanaman sawi dan jagung.  Komoditas pertanian terbesar di Desa Mekarsari berada di RW 06, banyak warganya yang bermata pencaharian sebagai petani. Akan tetapi petani tua banyak mengeluh tentang regenerasi petani yang masih kurang berjalan sehingga petani memanfaatkan buruh tani dari luar desa yang mana menyebabkan keuntungan hasil panen yang didapatkan sedikit.

“Masalah yang dihadapi di RW 06 ialah regenerasi pertanian dan anak muda tidak mau menjadi petani yang harusnya pasti menjadi potensi yang sangat besar” Ujar Bapak Mamat selaku Ketua RW 06. 

Maka dari itu KKNT Inovasi IPB di Desa Mekarsari menjalankan program kerja bernama “TANZ: Tani Zaman Now” yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 15 Juli 2024.  Penyuluhan ini bertujuan mengenalkan dan melatih generasi Z dalam penggunaan aplikasi DigiTani. Kegiatan dimulai dengan penjelasan mengenai DigiTani sebagai aplikasi konsultasi pertanian yang menyediakan panduan dan solusi praktis. Dilanjutkan dengan demo pemakaian aplikasi, peserta diajarkan cara mengunduh, menginstal, dan memanfaatkan fitur-fitur utama DigiTani.

Bertempat di salah satu Madrasah di Desa Mekarsari, acara dihadiri oleh Ketua RW 06 Bapak Mamat, ketua kelompok tani Sari Mekar Bapak K.H Bubun, para petani dan anak muda Desa Mekarsari. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 32 orang. 

“Acara penyuluhan ini sangat bagus untuk petani di RW 06 dalam upaya memajukan pertanian di Desa Mekarsari” Ujar Ketua RW 06.

“Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk memajukan pertanian di Desa Mekarsari. Kami berharap agar anak muda disini tidak malu dan memiliki semangat bertani sehingga dapat meneruskan dan meningkatkan produktivitas pertanian di Desa Mekarsari”. Ujar Laila, anggota tim KKNT Inovasi.

Dengan adanya program ini diharapkan banyak anak muda yang ikut andil dalam pertanian di Desa Mekarsari dan petani terbantu dalam mengatasi permasalah-permasalahan pertanian untuk menuju pertanian maju di Desa Mekarsari.

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.ac.ipb.mobile.digitani 

https://apps.apple.com/id/app/ipb-digitani/id1530473900?l=id

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image